Let's Change The World By Holding Tauhid And Sunnah

Kami percaya dunia menjadi lebih baik ketika tegak tauhid dan sunnah di bumi ini

Artikel

Mamen bisa dapatkan artikel seputar Islam yang bisa menambah pemahaman kita mengenai Islam.

Audio

Download audio kajian dari asatidz terpercaya agar kita lebih mantap dalam memahami agama ini.

Join Us

Bergabung dengan mamen lainnya di page facebook dan twitter untuk update artikel keren dan artwork awesome.

Berpuasa Bersama Pemerintah

Berpuasa Bersama Pemerintah | al-uyeah.blogspot.com
Pertanyaan: 
Kami berasal dari Asia Timur, bulan hijrah di negeri kami kebetulan terlambat satu hari dibandingkan negeri Saudi. Kami para mahasiswa akan pulang (dari Saudi) ke negeri kami tahun ini, sementara Rasulullah shallallahu „alahi wa sallam telah bersabda, “Berpuasalah berdasarkan ru`yatul hilal dan beri‟idul fitrilah berdasarkan ru`yatul hilal ... dst” .

Awal Ramadhan kami masih berada di Saudi, kemudian kami pulang ke negeri kami pada pertengahan Ramadhan. Hingga Ramadhan selesai, total puasa kami adalah 31 hari jadinya. Pertanyaannya: “Bagaimana hukum puasa kami, dan berapa hari semestinya kami berpuasa?

Jawab: 
Apabila kalian memulai berpuasa di negeri Saudi atau lainnya, kemudian kalian melanjutkan sisa bulan Ramadhan di negeri kalian, maka beridul fitrilah berdasarkan Idul Fitri negeri kalian, walaupun kalian harus berpuasa 31 hari.

Hal ini berdasarkan sabda Nabi n, “Hari berpuasa adalah hari ketika kalian semua berpuasa (yakni bersama pemerintah), hari „Idul Fitri adalah hari ketika kalian semua ber‟idul fitri (yakni bersama pemerintah), dan hari „Idul Adha adalah hari ketika kalian semua ber‟idul Adha (yakni bersama pemerintah)”. (HR. At- Tirmidzi 697)

Namun, jika puasa kalian belum mencapai jumlah 29 hari, maka wajib atas kalian untuk menyempurnakan kekurangan satu hari tersebut (yakni dengan mengqadha‟nya). Karena dalam satu bulan tersebut tidak kurang dari 29 hari. Wallahu waliyyut Taufiq.

Asy-Syaikh Al-‟Allamah „Abdul „Aziz bin „Abdillah bin Baz

Jika artikel ini bermanfaat, bantu share artikel ini. Lets change the world together mamen!


0 comments:


Silakan tuliskan komentar mamen. Atau kamu bisa inbox mimin di page al uyeah, atau mention di twitter al uyeah